Umum

Hindari dan Obati Tuberkulosis Sampai Kembali Sehat

Tuberkulosis (TBC) masih jadi permasalahan kesehatan di dunia sampai sekarang ini. Di tahun 2020, ada 9,sembilan juta orang di dunia sakit TBC, dan 1,lima juta nyawa wafat karena TBC yang bisa dihindari dan diobati. Dan penemuan kasus di tahun 2020 disampaikan turun 18 % dari 7,1 juta di tahun 2019 jadi 5,delapan juta di tahun 2020 (tbindonesia.or.id).

Pengertian Tuberkulosis

Tuberkulosis sebagai satu penyakit menyebar yang disebabkan karena kuman Mycobacterium Tuberkulosis, pada intinya kuman Tuberculosis serang paru-paru tapi bila tidak diatasi selanjutnya kuman Tuberculosis dapat serang orang badan yang lain seperti kulit, tulang, kelenjar getah bening, sendi, selaput otak, usus bahkan juga ginjal, infeksi Tuberculosis yang terjadi di luar paru-paru ini disebutkan dengan istilah TB Ekstrapulmonal.

Penebaran kuman Tuberculosis

Kuman Tuberculosis menyebar lewat udara dengan dimediatori oleh droplet. Jika pasien TB aktif batuk atau memercikkan lendir saat bersin, kuman Tubeculosis akan turut keluar bertepatan dengan ledir itu dan terikut oleh udara, jika ada seseorang mengisap udara disekitaran recikan bersin itu, kuman TB akan masuk ke badan orang itu. Selainnya bersin, kuman Tuberculosis dapat menebar lewat aktivitas seperti meludah, ketawa, menyanyi dan lain-lain yang karakternya dapat keluarkan droplet.

Tanda-tanda Penyakit Hindari dan Obati Tuberkulosis Sampai Pulih

Sebagian orang kemungkinan mengenali tanda-tanda TBC bila muncul batuk berdarah. Tetapi perlu kita kenali jika batuk berdarah muncul bila keadaan telah memperlihatkan keparahan karena infeksi kuman Tuberculosis. Arah kita di sini untuk menahan keparahan dari infeksi kuman Tuberculosis, maka dari itu penting untuk kita mengenal gejala-gejala awalnya bila kuman Tuberculosis sedang mengontaminasi, yakni: Batuk berdahak sepanjang 2-3 minggu atau lebihSesak napasBadan lemasNafsu makan menurunBerat tubuh menurunMalaise (hati kurang sehat dibarengi kecapekan, ngilu yang menebar, dan kehilangan minat)Berkeringat pada malam hari tanpa aktivitas fisikDemam meriang lebih satu bulanApabila cukup kronis, batuk bisa dituruti dengan dahak bersatu darah

Baca Juga : Untuk Penderita Maag Ikuti Tips Ini Agar Berpuasa Lancar

Langkah Penangkalan Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis bisa dihindari dengan:Minum obat dengan teratur sampai selesaiMenutup mulut saat bersi atau batukTidak meludah disembarang tempatMeludah di tempat yang terserang cahaya matahari atau di tempat yang diisi sabun atau karbolJemur tempat tidur sisa pasien secata teraturBuka jendela rumah supaya udara masuk dan cahaya matahari masuk (kambuh TBC akan mati bila terserang cahaya matahari)Untuk bayi diberi vaksin BCGMemeriksa bagian keluarga lain apa terserang penyebaran.

Penyakit Tuberkulosis Bisa Disembuhkan?

Kunci khusus untuk penyakit ini dapat sembuh keseluruhan ialah jalani penyembuhan klinis yang akurat. Pasien TBC perlu minum obat antituberkulosis (OAT) sesuai ketentuan penyembuhan yang disarankan dokter.

Ketentuan penyembuhan TBC meliputi 2 tahapan penyembuhan, yaitu penyembuhan intens dan kelanjutan dengan lama penyembuhan yang dapat capai 6-12 bulan. Menurut CDC, penyakit TBC dapat pulih keseluruhan saat pasien jalani 2 tahapan penyembuhan sampai usai. Sekalinya di tengah-tengah penyembuhan Anda berasa keadaan kesehatan sudah lebih baik dan tak lagi alami tanda-tanda TBC yang disebut, Anda harus tetap minum obat TBC dengan teratur.

Baca Juga : Ratu Jin Qolbuniyah Bagian 1

Pada dua bulan awal penyembuhan, Anda umumnya memang berasa lebih lebih baik. Ini membuat Anda berasumsi jika Anda telah pulih. Walau sebenarnya, sebetulnya bakteri pemicu TBC masih tetap ada pada tubuh dan cuma “tertidur” alias dorman atau mungkin tidak aktif perbanyak diri.

Penyembuhan untuk memberantas bakteri yang ada pada kondisi tidur lebih susah karena umumnya obat antibiotik bekerja saat bakteri pada kondisi aktif. Disamping itu, OAT memerlukan waktu lama untuk dapat betul-betul mematikan bakteri tuberkulosis. Pasien TBC dapat dipastikan pulih secara keseluruhan dari infeksi bakteri saat hasil pengecekan BTA (test dahak TBC) memperlihatkan hasil yang negatif. Ini didasari karena hasil BTA yang negatif memperlihatkan resiko penyebaran TBC yang paling rendah dari pasien pada orang lain.

Penyakit Tuberkulosis yang susah sembuh yakni TBC MDR.

Harus lewat penyembuhan yang lebih panjang. Tb MDR disebabkan karena pasien yang tidak teratur minum obat atau putus penyembuhan.

Makanan Untuk Pasien Penyakit Tuberkulosis

Secara umum tidak ada ketidaksamaan mengonsumsi makanan yang diharuskan pada pasien Tuberculosis, pasien bisa konsumsi makanan dengan skema nutrisi imbang. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak tidak jemu:Nasi Bubur Kentang Roti Gandum Ikan Kacang-kacangan Daging rendah lemak Susu rendah lemak Makanan yang berprotein tinggi : Ayam Daging tanpa lemak Ikan Seafood Susu Keju Telur Makanan yang memiliki kandungan vitamin Seng: Vitamin A Vitamin D Vitamin c Zat besi Selenium

Sikap Hidup Bersih dan Sehat Perilaku hidup sehat dan bersih benar-benar disarankan untuk pasien dengan Tuberculosis, ini bisa membatu proses penyembuhan berjalan mulus. Sikap hidup sehat dan bersih yang diartikan ialah:

  • Konsumsi makanan yang bergizi 
  • Tidak merokok
  • Membudayakan norma batuk dan bersin
  • Membuang dahak pada lokasi yang tertutup
  • Meningkatkan ketahanan badan dengan olahraga minimum 3x seminggu
  • Memberikan vaksinasi dan obat pencegahan
  • Rumah memiliki sirkulasi dan sinar yang cukup

Sumber: dr. Eva Sri Diana, Sp.PDokter Specialist Paru – RS Harapan Bunda

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button