Kesehatan Wanita

7 Manfaat Pare Untuk Wanita Khususnya Kesehatan Vagina

Manfaat Pare Untuk, kesehatan jantung, kekuatan tulang, dan kekebalan tubuh.

Sehatcenter.com | Manfaat Pare Untuk Wanita – Sebagian orang tidak suka makan Pare karena rasanya Pahit. Padahal Pare banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan wanita, khusunya untuk bagian yang paling sensitive pda wanita, yaitu miss V.

Pare memang terkenal dengan rasa pahitnya, namun sebagian orang percaya, bahwa pare memiliki manfaat besar bagi kesehatan manusia, terlebih untuk miss V atau vagina.

Tetapi apakah ini benar, dan apa saja manfaat kesehatannya?  Daripada penasaran mari kita kupas ragam manfaat Pare yang pahit untuk miss V dan kesehatan wanita.

Baca Juga : Manfaat Buah Tin Untuk Wanita, Anemia dan Kesehatan Jantung

Pare, Buah apa Sayur?

Pare adalah buah, namun sering disebut sebagai sayuran. Buah ini memiliki nama ilmiah Momordica charantia.  Di Indonesia sendiri ada beberapa nama untuk buah bangsa labu-labuan, seperti paria dan perereh.  Sedangkan dalam bahasa Inggris, Pare dikenal sebagai  bitter melon atau balsam pear.

Adapun berbagai manfaat Pare adalah karena memang pare ini banyak sekali mengandung gizi dan nutrisi penting. Berikut ini ada kandungan yang terdapat pada pare :

    • Karbohidrat
    • kalori
    • Serat
    • Vitamin A
    • Vitamin C
    • folat
    • Besi
    • Seng
    • Kalium

Manfaat Pare Untuk Wanita

Wajar jika Pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk Kesehatan Bagian kewanitaan atau Vagina. Lalu apa saja manfaat dari Pare yang terkenal pahit untuk Vagina dan kesehatan lainnya?  Beberapa akan dijelaskan di bawah ini manfaat Pare untuk wanita khususnya vagina dan kesehatan lainnya.

1.      Menjaga Kesehatan Vagina

Manfaat buah Pare yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan Vagina. Bahkan beberapa negara seperti Peru, Brasil, Kuba, dan India, Pare biasa digunakan sebagai obat tradisional. Di negara tersebut, Pare sambiloto dianggap bermanfaat untuk mengatasi buang air kecil dan menstruasi.  Namun, berbagai manfaat Pare pahit untuk vagina belum ada penelitian khusus.

2.      Meningkatkan Imun atau Kekebalan Tubuh

Buah dengan rasa pahit juga membantu memperkuat system imun atau kekebalan tubuh. Manfaat ini didapatkan karena tingginya kandungan vitamin C dalam Pare.  Kandungan vitamin C ini merupakan senyawa antioksidan yang dapat mencegah zat asing yang dapat merugikan tubuh.  Studi menunjukkan bahwa Pare memiliki sifat antibakteri, antibakteri dan anthelmintik.

3.      Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pare memiliki manfaat yaitu dapat meningkatkan kesehatan tulang.  Pasalnya, Pare mengandung vitamin K, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga mengurangi risiko patah tulang. Vitamin K yang terdapat dalam Pare pahit akan membantu menyerap kalsium ke seluruh tubuh.  Dengan demikian, kekuatan tulang akan bertambah karena vitamin K akan membantu pembentukan protein osteocalcin.

4.      Menurunkan kolesterol jahat

Selain meningkatkan kesehatan tulang, Pare juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini ditegaskan oleh penelitian bahwa, hasil dari olahan Pare dapat menurunkan kolesterol jahat karena mengandung antioksidan, potasium, dan serat.  Karena dengan menurunkan kadar kolesterol jahat, risiko penyakit jantung akan lebih rendah.

5.      Mengontrol kadar gula

Pare memang banyak sekali manfaatnya, terkhusus untuk mengontrol kadar gula dalam dara. Banyak orang yang memanfaatkan rasa pahit dari pare untuk pengobatan diabetes, karena memang kadar gula darah bisa dikontrol, dengan cara mengonsumsi pare.

Baca Juga : Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes

Kadar gula darah yang tidak terkontrol juga menjadi faktor penyebab diabetes.  Namun, dengan mengonsumsi Pare, kadar gula darah Anda bisa terkontrol.  Oleh karena itu, Pare sering dijadikan salah satu makanan yang paling sering direkomendasikan untuk penderita diabetes.

6.      Mencegah sel kanker

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ternyata Pare juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Pare dapat mencegah Beberapa sel kanker karena antioksidan. Pare bisa kita pakai untuk mencegah kanker paru-paru, kanker usus dan kanker payudara.  Namun, untuk manfaat Pare yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7.      Mencegah Obesitas

Satu dari sekian banyak manfaat yang terdapat dalam Pare adalah, untuk mencegah obesitas terutama untuk kaum wanita. Manfaat pare ini karena kandungan lemak dan kalori memang relative rendah.  Selain itu, kandungan serat yang tinggi mampu memberikan efek kenyang yang tahan lama.

Penutup

Nah itulah beberapa penjelasan tentang Manfaat Pare untuk Wanita, Khususnya vagina serta kesehatan lainnya. Namun makan Pare terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping, seperti diare dan muntah.  Karena itu, pastikan konsumsilah pare seperlunya.  Barabay…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button